Sunday 10 April 2016

KEUTAMAAN SHOLAT JAMAAH ISYA & SUBUH


Dari Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah Muhammad SAW bersabda :
“Kalau seandainya manusia (Umat Islam) mengetahui besarnya pahala yang ada pada panggilan (azan) dan shaf pertama kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali dengan undian maka pasti mereka akan mengundinya.
Dan kalaulah mereka mengetahui besarnya pahala yang akan didapatkan karena bersegera menuju shalat maka mereka pasti akan berlomba-lomba (untuk menghadirinya). 
Dan kalaulah seandainya mereka mengetahui besarnya pahala yang akan didapatkan dengan mengerjakan shalat isya dan subuh, maka pasti mereka akan mendatanginya meskipun harus dengan merangkak” (HR. Al-Bukhari no. 69 dan Muslim no. 437)
Dari Abu Hurairah ra Rasulullah Muhammad swt bersabda :
“Shalat berjama’ah lebih utama dibanding shalatnya salah seorang dari kalian dengan sendirian dengan dua puluh tujuh bagian. Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh) Sesungguhnya bacaan (shalat) fajar disaksikan (oleh para malaikat).” (QS. Al Israa: 78). (HR. Al-Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)
Rasulullah Muhammad swt bersabda : “Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk
membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum muslim yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka yang membuatnya lalai dengan kenikmatan duniawi.”
(HR. Al-Bukhari no. 141 dan Muslim no. 651)
Rasulullah Muhammad swt bersabda : “Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.”
(HR. Muslim no. 656)

No comments:

Post a Comment